Karya Studio

Mengenal HTML, CSS dan JS

Desain web tentunya tidak akan teriepas dengan yang namanya HTML. Selain itu agar sesuai dengan perkembangan teknologi desain web, Anda hams mengetahui juga tentang CSS dan JavaScript.

HTML
Apakah HTML itu?. HTML (HyperText Markup Language) adalah sebuah jenis teks dokumen khusus yang digunakan oleh web browser untuk mempresentasikan teks dan gambar. Dokumen HTML sering disebut sebagai “halaman web”. Browser mengambil halaman web dari web server dan karena adanya internet, halaman tersebut bisa berada di manapun di dunia.

Browser adalah program yang dipakai untuk membaca dokumen HTML pada WWW. Contoh browser ini antara lain: Netscape Navigator, Internet Explorer, Opera, Mozilla, Conqueror, NCSA Mosaic, Cello, Lynx, SlipKnot, dan sebagainya.

HTML merupakan dasar atau tulang punggung dalam pembuatan sebuah web. Dalam setiap file HTML akan selalu didahului dengan tag

. Tag ini akan membuat web browser mencoba untuk membaca file yang ada di dalam tag tersebut untuk ditampilkan dalam web browser. Pada akhir baris jangan lupa Anda harus selalu mengakhiri tagdengan

.

Banyak orang masih menulis HTML secara manual menggunakan software seperti NotePad. Namun sekarang ini Anda tidak perlu terlalu pusing untuk menuliskan HTML secara manual, Anda dapat menggunakan software-software HTML editor yang banyak tersedia sekarang ini, salah satunya adalah Adobe Dreamweaver.

Berikut ini contoh penulisan tag HTML sederhana:

Hello … nama saya Sinta

Umur saya 1,5 tahun

CSS
Bayangkan jika Anda memiliki website dengan 50 halaman dan ingin mengganti jenis huruf dari tiap website. Hal tersebut tentu saja sangat membuang waktu, tetapi jika Anda menggunakan CSS untuk mendesain tampilan web, maka hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

CSS merupakan kependekan dari Cascading Style Sheet yang memungkinkan Anda untuk mendesain (style) tampilan dokumen (terutama HTML) dengan memisahkan isi dari dokumen HTML dengan kode untuk menampilkannya (CSS).

Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. CSS digunakan oleh penulis maupun pembaca halaman web untuk menentukan warna, jenis huruf, tata letak, dan berbagai aspek tampilan dokumen.

Jika Anda memiliki banyak file HTML, Anda hanya perlu satu file CSS, sehingga ketika Anda mengganti jenis huruf pada file CSS maka semua file HTML yang berhubungan pada file CSS tersebut akan berubah. CSS distandarisasi oleh W3C (World Wide Web Consortium). CSS dapat dipasang pada dokumen HTML yang telah jadi.

Ada 3 cara untuk memasang CSS pada dokumen HTML yaitu: External Style Sheet (file CSS berbeda dari file HTML), Internal Style Sheet (kode CSS dipasang di dalam tag head HTML), dan Inline Style Sheet (kode CSS langsung dipasang di tag HTML, tidak direkomendasikan). Sangat disarankan Anda menggunakan cara External Style Sheet karena lebih mudah dalam mengelolanya.

Berikut contoh penulisan kode CSS:

.judul {

font-size: 13px;

color: #6095d0;

font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;

font-weight: bold;

}

.subjudul {

font-size: 11px;

color: #000000;

font-family: Georgia, “Times New Roman”, Times, serif;

}isi {

font-size: 12px;

color: #000000;

font-family: verdana;

}

JavaScript
JavaScript adalah suatu bahasa script yang didasarkan pada konsep pemrograman berbasis prototipe. Bahasa ini terutama terkenal karena penggunaannya di situs web (sebagai JavaScript sisi klien) dan juga digunakan untuk menyediakan akses script untuk objek yang dibenamkan (embedded) di aplikasi lain.

Walaupun memiliki nama serupa, JavaScript hanya sedikit berhubungan dengan bahasa pemrograman Java, dengan kesamaan utamanya adalah penggunaan sintaks C. JavaScript memiliki lebih banyak kesamaan dengan bahasa pemrograman Self.

Javascript dapat diapit oleh tag html sederhana seperti:

Script JavaScript yang dimasukkan di dalam HTML ataupun XHTML harus dimasukkan di antara tag .

Share:

Jl. Diponegoro No. 61

Genteng Banyuwangi 68465

085526250131

Mon-Fri 08:30 - 16:00

Citra Garden City Blok B-11

Malang 65136